Thursday, April 26, 2018

CARA MELATIH ANJING

CARA MELATIH ANJING PELIHARAAN 


Dunia Binatang - ”ANJING saya tidak ingin menurut kalau di panggil. ” ”Anjing saya menggonggong selalu sampai beberapa tetangga mengeluh. ” ”Anjing saya tetap melompat ke arah saya serta beberapa tamu. ” Dalam semuanya masalah ini, beberapa yang memiliki anjing yang frustrasi ajukan pertanyaan, ”Apa yang harus saya jalankan? ” 





Barangkali, jawabannya yaitu berikan kursus kepatuhan basic pada anjing Anda—mengajarnya untuk menaati perintah-perintah simpel. Sudah pasti, untuk hasil paling baik kasihlah kursus ini pada saat anjing Anda masih tetap kecil. Namun, anjing-anjing yang tua juga bisa belajar. 


Marcos, seseorang pelatih anjing profesional di Meksiko, menuturkan, ”Anjing termuda yang sempat kami latih berusia empat bln., serta yang tertua lima th.. Tapi, saya sempat mengajarkan kepatuhan basic pada anjing-anjing yang udah berusia sepuluh th.. ”


Anjing yaitu binatang cerdas. Mereka sudah dilatih untuk mencari narkoba serta bahan peledak, menunjang beberapa penyandang cacat, serta melakukan misi-misi pencarian serta penyelamatan. Nah, bagaimana Anda bisa melatih anjing Anda biar dia taat?


Karakter Bawaan



Pertama-tama, Anda butuh tahu karakter bawaan anjing. Seperti serigala, anjing dengan insting hidup berkelompok dibawah satu pemimpin. Anjing Anda berasumsi keluarga Anda jadi kelompoknya, serta dia mesti mengetahui kalau Andalah sang pemimpin. 





Dalam sekawanan serigala, sang pemimpin juga akan pilih tempat yang terhangat serta teratas untuk tidur. Ia juga makan sebelumnya yang lain. Jadi, kalau anjing Anda dilewatkan tidur ditempat tidur Anda atau naik ke perabotan, dia juga akan menyimpulkan kalau dialah sang pemimpin. Hal yang sama bisa berlangsung kalau dia di beri potongan makanan pada saat Anda tengah makan.


Bahkan juga anjing Anda bisa diajari mulai sejak kecil kalau dia dibawah Anda. Bagaimana? Cobalah tatap selalu matanya hingga dia berpaling. Bentuk latihan beda yang bagus yaitu mengusap-usap perutnya pada saat dia tengah terlentang, karna hal semacam ini meletakkannya dalam urutan jadi bawahan. Kalau anjing Anda nakal serta tetaplah saja berulah pada saat Anda menuturkan ”Stop”, cobalah abaikan dia serta tinggalkan area.


Apabila Anjing Anda mematuhi perintah-perintah Anda, itu pertanda dia mengaku kalau Andalah pemimpinnya. Kalau Anda jadi yang memiliki tak menyatakan kedudukan Anda jadi pemimpin, anjing Anda bisa menyimpulkan kalau dia sama dengan atau lebih tinggi dari pada Anda, serta hal semacam ini bisa pengaruhi perilakunya.


Langkah Mengajarkan Perintah Sederhana



Untuk mengajarkan perintah-perintah basic pada anjing Anda, Anda perlu kalung, tali, serta segudang kesabaran. Salah satu buku wejangan merekomendasikan : (1) Berilah perintah simpel dengan satu kata, (2) peragakan aksi yang Anda idamkan, serta (3) cepatlah puji kalau dia mengerjakannya. Suara nada Anda lebih perlu dari pada kalimat Anda. Satu perintah mesti bernada tegas, serta pujian mesti bernada senang serta hangat.


Hukuman fisik, seperti memukul atau menendang, tak dibutuhkan. ”Saya cukup menuturkan ’Stop’ dengan suara tajam serta tinggi biar anjing itu tahu kalau saya tak suka dengan perilakunya, ” kata Marcos, sang pelatih yang diambil dimuka. Ia beri tambahan, ”Anjing cukup cerdas untuk membedakan apakah Anda tengah memujinya atau memarahinya. ” 





Jika Anda mesti melakukan tindakan lebih keras, peganglah tengkuknya serta guncangkan dengan perlahan-lahan sembari menuturkan ”Stop”. Teguran mesti diberi pada saat atau selekasnya sesudah anjing itu lakukan suatu hal yg tidak dikehendaki. 


Ingat, seekor anjing tak lagi tahu kenapa ia dimarahi kalau ia dimarahi berapa menit atau jam sesudah kenakalannya. Ia juga tidak bisa mengetahui kenapa perbuatannya terkadang diijinkan serta terkadang tak. Jadi, Anda mesti terus-menerus.


Perintah yang paling basic yaitu ”Duduk! ” Kalau anjing Anda mengetahui perintah ini, Anda bisa menguasainya kalau dia jadi sangat semangat. Misalnya, Anda bisa menyuruhnya duduk kalau dia mulai melompat ke arah tamu. 


Untuk mengajar anjing Anda duduk, gunakanlah talinya, serta kasih perintah itu sembari menghimpit sisi belakang badannya ke bawah serta menarik kepalanya ke atas dengan lembut memakai tali. Lalu, segera puji. Ulangi beberapa langkah ini hingga anjing Anda mematuhinya.


Untuk mengajar anjing Anda biar tetaplah duduk, pakai perintah ”Diam! ” sembari berdiri di depannya serta melebarkan tangan Anda ke arahnya dengan telapak menghadap ke bawah. Kalau dia bergerak, katakan ”Stop” serta kembalikan dia ke urutan mula-mula. 


Ulangi perintah ini, serta pujilah anjing Anda apabila dia tetaplah duduk untuk satu saat. Jika dia menaati perintah itu, perpanjanglah saat duduknya serta jarak pada Anda serta anjing Anda dengan bertahap.


Langkah paling baik untuk mengajar anjing Anda biar mendekat yaitu dengan memakai tali yang panjang serta menariknya dengan lembut sembari berikan perintah ”Sini! ” Pada saat dia mendekati Anda, mundurlah sembari selalu memberikan pujian pada dia. 


Selang beberapa saat ia juga akan menuruti Anda tanpa ada butuh ditarik dengan tali. Jika anjing Anda meronta serta tidak ingin menuruti perintah ”Sini! ”, panggillah serta berlarilah menjauh. Biasanya, anjing juga akan dengan insting menguber. 


Berhati-hatilah : Jangan sampai memakai kata ”sini” untuk argumen jelek, seperti untuk memarahi. Anjing Anda mesti belajar kalau menaati perintah ”Sini” juga akan menghadirkan hasil yang menggembirakan, seperti pujian atau hadiah makanan. Jika Anda mengajarkan perintah ini sembari geram-marah, anjing Anda juga akan menyimpulkan kalau perintah ini tak menggembirakan serta mesti dijauhi.


Anda dapat juga mengajar anjing Anda jalan di samping Anda, tak mendahului atau ketinggalan. Karenanya, pakai kalung rantai latihan serta tali pendek. Simpanlah anjing di bagian kiri Anda lantas berikan perintah ”Jalan! ” sembari mengambil langkah dengan kaki kiri. Jika dia coba mendahului Anda atau ketinggalan, entakkan tali secepatnya sembari menepuk lutut kiri Anda serta menuturkan ”Kaki”. Pujilah apabila dia taat.


Bagaimana caranya melatih anjing Anda biar tak melompat ke arah Anda? Cara pertama, mundurlah sembari berikan perintah ”Mundur! ” serta seterusnya perintahkan ”Duduk! ” Cara beda yaitu menangkap ke-2 kaki depannya serta maju ke arahnya sembari mengulangi perintah ”Mundur! ” Pujilah pada saat dia menurut.

No comments:

Post a Comment