Thursday, April 19, 2018

KAKAK TUA RAJA HITAM

KAKAK TUA RAJA HITAM REFERENSI HEWAN PELIHARAAN


Dunia Binatang - Burung kakatua raja hitam melahap biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan serta tunas daun. Kakatua Raja hitam (Probosciger aterrimus) yaitu burung paling besar dari semuanya type burung kakatua, dengan tinggi dari mulai 49 cm sampai 68 cm serta berat rata – rata menggapai 500-1. 100 gr, berat betina sekitar 500-950 gr, serta yg jantan sekitar 540-1. 100 gr. 





Panjang sayap kakatua raja hitam sekitaran 35. 1 cm, panjang ekor 23. 8 cm, panjang paruh 9. 1 cm, serta panjang kaki rata-rata 3. 5 cm. Burung ini punyai paruh yg didesain keras untuk menghancurkan kacang serta paruhnya semakin besar Jantan dari pada betina. 


Kaki burung kakatua raja hitam berwarna abu-abu atau hitam dengan sedikit bulu bulu di paha serta di wajah mereka ada ciri-khas yg unik yakni ada warna merah di pipinya.

Kekhasan kakatua raja hitam 


Warna pipi burung ini bisa beralih warna kulit berdasar pada tingkat kesehatan atau stress. Ketika stres berat kulit juga akan beralih warna ke merah muda/krem, sesaat waktu begitu semangat/senang perubahan kulit jadi kuning. 



Jangkauan Geografis kakatua raja hitam 


Kakaktua Raja hitam yaitu hewan asli pulau Papua, serta Australia. Hewan ini diketemukan di kepulauan Aru, pulau Misool dibagian barat pulau Papua, Irian Barat, Selatan New Guinea dari Timur Marauke hingga teluk Papua, serta di Australia pada lokasi utara tanjung York Peninsula.

Habitat alami


Kakaktua Raja punyai habitat alami di rimba hujan tropis, serta termasuk pinggir rimba. Burung ini pilih pohon pohon besar serta tinggi untuk bersarang serta berkembangbiak. Pada siang hari, burung ini berdiam di dekat makanan atau sumber air serta waktu malam hari bertengger didalam atau di dekat sarangnya.

Tingkah laku alami


Burung Kakaktua Raja hitam bisa diketemukan sendirian maupun berpasangan, serta terkadang dalam ukuran grup yg semakin besar. Burung ini menggunakan banyaknya waktu mereka di kanopi rimba yg tinggi atau terbang diantara tempat bertengger serta mencari makan. 


Burung ini seringkali makan dalam grup besar, dimana satu burung penjaga juga akan mencermati predator yg ada. Jika pemangsa atau ancaman yang lain keluar jadi burung yg bertugas berjaga memberi alarm menangis untuk memberitahu yg beda. Ketika hujan, burung ini seringkali diketemukan dalam situasi bergantung terbalik dengan sayap serta ekor mereka terulur, seakan-akan tengah mandi.

Sistem Reproduksi


Sistem reproduksi burung ini sangat menarik, sepanjang kawin burung jantan serta betina berdekatan keduanya dengan sayap di buka lebar. Sebelumnya kawin, burung jantan juga akan buat siulan yg keras serta menunduk-nundukkan kepalanya berulang-kali sampai kulit diwajahnya beralih jadi begitu merah. 




Burung kakatua raja hitam yaitu burung monogamy yg mengisyaratkan kalau ia juga akan tinggal dengan hanya satu pasangannya selama hidup mereka. Musim kawin kakatua raja hitam yaitu dari bln. agustus sampai januari. 


Burung ini tidak buat sarang sendiri, akan tetapi memakai sarang atau lubang di pohon besar yg telah dilubangi terlebih dulu. Burung ini punyai satu telur setiap saat bereproduksi, telur itu juga akan dierami sepanjang 33 hari.

No comments:

Post a Comment