Sunday, April 22, 2018

SUGAR GLIDER

SUGAR GLIDER HEWAN YANG MUDAH DI PELIHARA


Dunia Binatang - Sugar Glider atau dalam bhs latinnya Petaurus breviceps yaitu semacam tupai pohon dengan ukuran tubuh yang relative kecil dengan ukuran badan kurang lebih 24-30 cm dengan berat 4-6 ons. serta lantaran kecilnya itu mereka seringkali dimaksud hewan peliharaan dalam saku. 


Badannya yang imut serta mimik mukanya yang unyu-unyu itu juga akan gampang bikin animal lover jatuh cinta padanya. Marsupialia yang satu ini datang dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea. Sugar Glider mempunyai jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berguna untuk menolong berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. 






Serta yang unik sekali lagi pada pergelangan tangan serta kaki Sugar glider tertutupi dengan bulu atau membran yang dimaksud Patagium. Jadi disaat Sugar glider membentangkan tangan serta kaki mereka, patagium ini juga akan terlihat seperti sayap yang bikin Sugar glider melayang-layang di udara.


Sugar glider dewasa sesudah 2 th. untuk jantan serta untuk betinanya 7 sampai 15 bln.. sang betina juga akan bunting eh hamil sepanjang 14 -16 hari lalu melahirkan 1/2 ekor anak, serta terkadang sampai 3 ekor. Dalam pelukan sang induk, bayi Sugar glider berkembang hingga sanggup bertahan hidup sendiri.


Sugar Glider ialah nocturnal omnivora, aktif mencari makan pada malam hari. Di habitat aslinya mereka jadi biasa berburu serangga kecil seperti jangkrik serta ulat kecil, juga getah manis dari pohon akasia serta eucalyptus. Serta tersebut pemicunya mengapa dia diberi nama sugar glider, lantaran tidak hanya kesukaan meluncur dari ketinggian sampai merasa terbang seperti batman, mereka juga suka pada makanan bercita rasa manis.


Namun walalupun si lucu ini termasuk pemakan semuanya, tetapi dia juga miliki mood yang gonjang ganjing seperti manusia dalam pilih makanan, umpamanya hari ini makan pisang besok belum juga semestinya ingin makanan yang sama hihihihihi…nakal bener ya. Jadi untuk makanan satu hari hari baiknya di beri macam serta ada perputaran, buah-buahan yang dapat diambil salah satunya pear, apel, pisang, papaya, anggur etc. 


Sedang keperluan protein bisa diraih dari telur, keju, pet food (dengan protein serta kalsium tinggi tetapi kandungan magnesium yang rendah tidak lebih dari 0, 01% lantaran di kuatirkan dapat mengakibatkan kerusakan ginjalnya). Selain makanan yang memenuhi, kewan menggemaskan ini perlu minum, tambahkanlah air masak untuk minum mereka.



Nah, hal yang paling mengesalkan dari pelihara binatang yaitu pup. Kotoran sugar glider akan tidak berbau selama kita memberi macam makanan yang pas serta seimbang, apabila persentase protein dari ransum makanannya sangat tinggi sudah pasti aromanya juga akan jadi tambah menyengat. 


Yang paling perlu bila piara kewan yang satu ini yaitu tambahkan kandang yang luas serta nyaman, senantiasa rawat kebersihan hewan serta kandangnya serta ingat periksakan kesehatannya di dokter hewan paling dekat.


Di Indonesia, hewan imut yang satu ini belum juga sepopuler marmut serta hedgehog, tetapi belakangan ini mulai jadi trend perbincangan bahkan juga udah ada komune penggemar sugar glider yang terbuat (wah ini tentu ada imbas dari si mbak paris Hilton yang nyatanya juga pelihara hewan ini). Nah udah terpikir untuk mulai coba pelihara sugar glider atau jadi tertarik membiakkannya. Harga nya masih tetap lumayan lho. sekita 300 Ribu hingga 700 Beberapa ribu.


HABITAT 



Di alam liar dari habitat aslinya, Sugar Glider yaitu hewan yang tinggal di pohon-pohon, serta seringkali hidup dalam kelompok-kelompok terbagi dalam 10 hingga 15 ekor. Hewan ini aktif waktu malam hari saat waktunya perburuan serangga serta vertebrata kecil serta makanan spesifik dari getah manis semacam eucalyptus, akasia serta pohon karet. 





Dinamakan Sugar Glider ini lantaran ia lebih suka pada makanan manis serta kebolehannya untuk melayang-layang di udara, seperti tupai terbang. Umur kematangan seksual sugar glider sedikit tidak sama pada jantan serta betina. Jantan menjangkau kematangan pada 3-12 bln., sedang betina menjangkau kematangan pada 5-18 bln..


Satu karakter ciri khas yang membuat mereka menjangkau kematangan seksual yaitu " kepala nya botak " dibagian atas kepala mereka yang sejujurnya yaitu kelenjar keringat. Di alam liar, sugar glider cuma berkembang biak sekali satu tahun lantaran iklim serta keadaan habitat sesaat mereka bisa berkembang biak sampai 4 kali per th. di penangkaran


Seekor sugar glider betina masa kehamilan berjalan cuma 16 hari, sesudah sugar glider bayi juga akan merangkak ke kantong ibunya untuk pengembangan selanjutnya.


Saat masih tetap bayi 



Mata mereka juga akan tetaplah tertutup sepanjang 12-14 hari. Sepanjang saat ini mereka juga akan mulai tumbuh dengan mulai berkembang bulu serta penambahan dengan bertahap berbentuk ukuran badannya.


Sugar glider jadi hewan peliharaan 



Tidak seperti banyak hewan asli Australia, terlebih yang lebih kecil, Sugar Glider ini tidak demikian terancam juga akan populasinya. Meskipun dengan besar-besaran hilangnya habitat alami di Australia sepanjang 200 th. paling akhir, 




Sugar Glider dilindungi oleh hukum di Australia, dimana untuk pelihara hewan ini yaitu ilegal buat mereka yang tanpa ada ijin, atau untuk menangkap atau jual mereka tanpa ada lisensi (yang umumnya cuma di keluarkan untuk pengamatan). 


Sugar glider dikenal juga terlebih cerdas. Namun tidak susah untuk berkembang biak di penangkaran dibawah keadaan yang pas. Pada Maret 2009, binatang yaitu legal untuk tempat tinggal negeri sendiri jadi hewan peliharaan di Amerika Serikat tapi peternak butuh izin spesial serta ada pembatasan penjualan. Tetapi, semasing kota AS mungkin saja melarang pemeliharaan Sugar glider.

No comments:

Post a Comment